Pohon Sebagai Warga Negara

Diterbitkan pada 24 Maret 2021
cover img Pohon Sebagai Warga Negara

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyar

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyarakat adat dan dibawah naungan norma-norma sosial yang berlaku. Entitasnya bersama hutan harus mendapatkan hak untuk hidup dan kehidupan yang layak. Bukan semata-mata untuk mereka, tetapi untuk kesejahteraan hidup itu sendiri.

Ini bukan berarti mendiskreditkan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Bukan juga tentang siapa yang lebih patriot atau lebih taat pada konstitusi. Tetapi tentang bagaimana kita memahami bahwa dalam menjalani keberlangsungan hidup, terkhusus pada suatu negara, kita tidak hanya membutuhkan anak manusia. Setiap pohon, hidup dan menghidupi layaknya kita. Bahkan, mereka meletakkan keperdulian tidak hanya pada spesiesnya saja.

Banyak bukti bahwa anak manusia memang enggan berdialog dengan mereka. Kita jarang bersedia untuk mencoba memahami kebutuhannya. Padahal mereka memiliki rasa. Mereka punya bekal empati yang murni secara alami. Hanya saja mereka belum mau memunculkan sikap dengki. Sebelum semuanya sulit lalu rumit, mari kita bicarakan tentang bagaimana memposisikannya sebagai warga negara.

Apa dan Siapa Warga Negara

Warga negara atau rakyat adalah pemegang saham tertinggi dalam kedaulatan negara demokrasi. Eksistensi mereka di lindungi oleh sebuah konstitusi. Mereka mendapatkan jaminan atas terpenuhinya hak-hak dan memiliki ruang tuntutan ketika haknya mulai diabaikan. Bahkan, piranti negara berpeluang dihukum apabila melanggar hak-hak konstitusional suatu warga negara. Kendati begitu, apa dan siapa warga negara itu?

Pertanyaan di atas seharusnya dijawab secara penuh makna oleh pemangku kebijakan suatu negara. Bukan hanya mengandalkan rasionalitas dan nasionalitas dangkal yang kadang menyesatkan. Bagi saya, esensi dari seorang warga negara adalah kebermanfaatan yang berdaya guna bagi kelangsungan hidup negara itu sendiri. Sedangkan setiap jenis pohon, sudah membuktikan patriotismenya sejak istilah negara itu belum terbentuk.

Sebuah negara menafsirkan sikap patriotisme dari kebermanfaatan setiap warga negaranya. Patriotisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia diartikan sebagai sikap gotong royong dan toleransi. Artinya, kebermanfaat mutlak menjadi salah satu ciri khas seorang warga negara. Mereka meletakkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Terlebih, kebermanfaatan semakin berdaya guna apabila lepas dari segala atribusi seperti suku, ras, agama, maupun budaya.

Setiap jenis pohon bersama habitatnya yaitu hutan, memiliki beragam bukti sikap patriotisme tersebut. Pohon yang hidup dalam habitat suatu hutan yang multikultural, memiliki andil besar dalam penyerapan karbon kehidupan. Mereka tanpa pandang bulu dalam mengontrol konsentrasi efek rumah kaca yang mengancam suhu bumi.

Mereka tak pernah menanyakan siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas panasnya bumi. Tetapi mereka lebih memilih menyelamatkan anak manusia agar tidak terpanggang didalam rumahnya sendiri.

Selengkapnya di https://medium.com/@dimashudam/pohon-sebagai-warga-negara-a5c31be180da

Blog Lainnya

cover img Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Diterbitkan pada tanggal 27 Maret 2021

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam

Baca Selengkapnya
cover img Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Diterbitkan pada tanggal 26 Maret 2021

Hutan adalah kehidupan. Melindungi hutan sama dengan menjaga sumber kehidupan. Kehidupan di bumi saling kait mengait. Berpilin-pilin bagai kelindan. M

Baca Selengkapnya
cover img Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Diterbitkan pada tanggal 25 Maret 2021

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karak

Baca Selengkapnya
cover img Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2021

Untunglah jembatan itu sudah selesai dibangun. Aku menyebutnya Jembatan Sampah, meski pemerintah setempat telah memberinya nama Jembatan Wali Kota.

Baca Selengkapnya
cover img Mengubah Takdir Indonesia Melalui Pendidikan

Mengubah Takdir Indonesia Melalui Pendidikan

Diterbitkan pada tanggal 20 Maret 2021

Saya sangat cinta Indonesia. Cinta itu pula yang menginspirasi buku saya "Guru untuk Indonesia". Oh iya. Saya seorang guru SMA. Saat ini sudah 9 tahun

Baca Selengkapnya