Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Diterbitkan pada 25 Maret 2021
cover img Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karak

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karakter baik sehingga beliau dihormati dan diingat semua orang.

Beliau adalah seseorang yang mampu membuat semua orang yang jadi teman bicara merasa jadi orang paling istimewa. Tidak memandang siapa yang dihadapi, perlakuannya sama kepada semua orang.

Apa yang saya dapat dari cerita Bulik saya? Tentu saja keteladanan. Inilah karakter hebat dari seorang pemimpin yang mampu memanusiakan manusia. Dan saya yakin, tipe pemimpin seperti ini adalah dambaan semua orang dan mampu menggerakkan semua bawahan mengerjakan tugas secara bertanggung jawab.

Pemimpin yang dirindukan masa kini

Kondisi Indonesia saat ini

Pemimpin yang kita butuhkan adalah pemimpin yang bisa menyatukan segala perpecahan.

Pernahkah kalian semua memikirkan keadaan Indonesia kini? Lalu, apa yang kalian rasakan? Apakah kebutuhan hidup tercukupi? Aman dan nyaman? Punya pekerjaan? Lingkungan sehat?

Saya yakin sekali, akan ada banyak muncul persoalan yang dihadapi masyarakat. Apalagi saat di tengah Pandemi seperti ini, yang segalanya serba terbatasi.

Permasalahan ini bukan saja jadi tanggung jawab pemimpin Negara. Tapi semua elemen masyarakat dan pemerintah tentu saja. Jika semua berjalan sesuai tugas dan fungsinya, maka kehidupan pun akan berjalan baik.

Seandainya aku jadi pemimpin, apa yang akan aku lakukan untuk Indonesia?

Bermuluk-muluk sekali? Ahahaha! Tapi tak mengapa, sesekali berfikir jika aku jadi pemimpin sejatinya aku sedang belajar dan menilai kemampuan diri sendiri.

Indonesia Negara yang begitu besar dan luas. Sebagai negeri kepulauan dan agraris serta memiliki ragam budaya, suku, ras, dan agama.

Dan tentu saja masalahnya pun begitu kompleks dan ruwet dari hasil warisan masa lalu. Sejak jaman merdeka, cita-cita hidup makmur sejahtera masih sangat belum merata.

Memikirkan saja, saya sudah ikut ruwet. Harapannya memang kita butuh pemimpin yang setidaknya mampu menggerakkan semua pemerintah dan semua tatanan masyarakat menjalankan tugas dan fungsinya secara bertanggung jawab. Sehingga tercipta kehidupan yang sejahtera.

Jadi bagaimana jika aku jadi pemimpin?

Sejatinya saya ini juga pemimpin, bagi diri saya sendiri. Merindukan kehidupan yang aman, nyaman, sentosa, adil makmur dan sejahtera. Maka dari itu, saya akan berusaha bertanggung jawab dan berbuat baik semampunya, untuk berkarya dan berbagi, memperbaiki diri dan lingkungan.

Melihat kondisi alam Indonesia kini rasa-rasanya kita sangat dekat dengan berbagai bencana. Entah karhutla, kekeringan, tanah longsor dan yang sekarang banyak dialami banjir bandang.

Apa sebabnya? Keserakahan manusia. Pembangunan yang dilakukan terus-menerus tanpa memikirkan dampak buruk yang akan terjadi. Kalau menurut saya pribadi, yang paling terlihat jadi pokok masalah kita adalah keadaan hutan. Iya HUTAN!

Selengkapnya di https://www.linatussophy.com/edukasi-untuk-menjaga-hutan/

 

 

 

Blog Lainnya

cover img Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Diterbitkan pada tanggal 27 Maret 2021

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam

Baca Selengkapnya
cover img Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Diterbitkan pada tanggal 26 Maret 2021

Hutan adalah kehidupan. Melindungi hutan sama dengan menjaga sumber kehidupan. Kehidupan di bumi saling kait mengait. Berpilin-pilin bagai kelindan. M

Baca Selengkapnya
cover img Pohon Sebagai Warga Negara

Pohon Sebagai Warga Negara

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2021

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyar

Baca Selengkapnya
cover img Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2021

Untunglah jembatan itu sudah selesai dibangun. Aku menyebutnya Jembatan Sampah, meski pemerintah setempat telah memberinya nama Jembatan Wali Kota.

Baca Selengkapnya
cover img Mengubah Takdir Indonesia Melalui Pendidikan

Mengubah Takdir Indonesia Melalui Pendidikan

Diterbitkan pada tanggal 20 Maret 2021

Saya sangat cinta Indonesia. Cinta itu pula yang menginspirasi buku saya "Guru untuk Indonesia". Oh iya. Saya seorang guru SMA. Saat ini sudah 9 tahun

Baca Selengkapnya