Peran Generasi Muda untuk Perubahan Iklim Indonesia

Diterbitkan pada 01 Januari 1970
cover img Peran Generasi Muda untuk Perubahan Iklim Indonesia

Peran Generasi Muda untuk Perubahan Iklim Indonesia Memasuki era pandemi di Indonesia membuat kita, sebagai masyarakat Indonesia disarankan untuk t

Peran Generasi Muda untuk Perubahan Iklim Indonesia

Memasuki era pandemi di Indonesia membuat kita, sebagai masyarakat Indonesia disarankan untuk tetap dirumah aja. Penggunaan kendaraan bermotor juga semakin sedikit. Tapi kenapa suhu di luar rumah terasa sangat panas ? Tanpa disadari perubahan iklim di Indonesia terjadi karena adanya global warming atau pemanasan global yang juga disebabkan oleh kita sendiri lho, Milenials ! Lantas, apa yang bisa dilakukan kita sebagai Generasi Muda untuk menanggulangi perubahan iklim di Indonesia ? Yuk, simak ulasan berikut !

Aktivitas penduduk Indonesia yang kian meningkat membuat kita lupa untuk menjaga bumi kita agar tidak mengalami perubahan iklim yang buruk. Maraknya aktivitas penduduk di Indonesia yang tanpa disadari menyumbang gas karbondioksida sebagai penyebab terbesar terjadinya perubahan iklim.

 

Sebagai generasi muda yang smart, seharusnya kita dapat menyadari dampak yang akan kita rasakan jika perubahan iklim terjadi di Indonesia secara buruk. Perubahan iklim yang buruk dapat menyebabkan curah hujan Indonesia menjadi sangat tinggi dan menyebabkan bencana alam yang tidak dapat kita hindari seperti banjir, longsor, dan bahkan negara Indonesia dapat tenggelam jika kita terus menerus lalai dalam melakukan kegiatan yang berpengaruh pada perubahan iklim.

 

Selama ini kita hanya tersadarkan oleh gambaran bahwa perubahan iklim akan menghilangkan tempat tinggal binatang. Tapi apakah kamu sadar bahwa tempat tinggal kitalah yang juga terancam ? Tempat tinggal negara kita bahkan bisa tenggelam karena melelehnya es di Kutub yang menyebabkan volume air naik.

Perubahan iklim yang terjadi di Indonesia sudah sangat signifikan. Kenaikan suhu yang terjadi pada tahun 2020 semakin bertambah. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia semakin membutuhkan lahan dan memperkecil luas hutan yang ada di Indonesia. Memiliki hutan yang sangat luas seharusnya menjadi salah satu keuntungan Indonesia dalam membantu meminimalisir terjadinya perubahan iklim yang ekstrem.

 

Hutan dapat menyerap polusi karobondioksida yang dihasilkan dari industri juga kegiatan manusia. Penyerapan karbondioksida yang dilakukan oleh hutan dapat mengurangi proses terjadinya perubahan iklim.

 

Proses terjadinya kurang lebih seperti berikut, gas karbondioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, gas CFC, Polusi yang dihasilkan dari pabrik dan sumber dari gas karbondioksida lainnya akan diserap oleh pohon yang dimiliki oleh daerah tersebut. Pohon akan membutuhkan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis. Bisa dibilang CO2 atau karbondioksida merupakan salah satu "makanan" pohon untuk bertahan hidup.

 

Hutan pun akan mengeluarkan oksigen dari hasil fotosintesis. Oksigen yang kita perlukan untuk bernapas juga membuat udara semakin bersih.

 

Terjadi timbal balik yang menguntungkan bukan ? Ditambah fakta terjadinya perubahan iklim yang signifikan terjadi karena banyaknya gas CO2, harusnya kita lebih bisa mempertahankan hutan untuk mencegah perubahan iklim yang membahayakan kita.

Selengkapnya di https://shabrinaysn.wixsite.com/shabrina/single-post/peran-generasi-muda-untuk-perubahan-iklim-indonesia

Blog Lainnya

cover img Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Diterbitkan pada tanggal 27 Maret 2021

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam

Baca Selengkapnya
cover img Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Diterbitkan pada tanggal 26 Maret 2021

Hutan adalah kehidupan. Melindungi hutan sama dengan menjaga sumber kehidupan. Kehidupan di bumi saling kait mengait. Berpilin-pilin bagai kelindan. M

Baca Selengkapnya
cover img Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Diterbitkan pada tanggal 25 Maret 2021

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karak

Baca Selengkapnya
cover img Pohon Sebagai Warga Negara

Pohon Sebagai Warga Negara

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2021

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyar

Baca Selengkapnya
cover img Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2021

Untunglah jembatan itu sudah selesai dibangun. Aku menyebutnya Jembatan Sampah, meski pemerintah setempat telah memberinya nama Jembatan Wali Kota.

Baca Selengkapnya