Kerusakan Hutan. Alasan Diperlukannya Perlindungan Hutan

Diterbitkan pada 01 Januari 1970
cover img Kerusakan Hutan. Alasan Diperlukannya Perlindungan Hutan

Kerusakan Hutan. Alasan Diperlukannya Perlindungan Hutan Apa pendapat kita ketika ada sekawanan Gajah penghuni Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Kerusakan Hutan. Alasan Diperlukannya Perlindungan Hutan

Apa pendapat kita ketika ada sekawanan Gajah penghuni Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang masuk pemukiman warga untuk mencari makan. Sementara sekelompok harimau Sumatera juga mencari makan ke pemukiman warga di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. Karena hutan tempatnya tinggal sudah rusak. Belum lagi monyet-monyet liar yang ikutan mencari makanan di pemukiman warga.

Ketakutan? Pasti. Mengingat harimau adalah hewan liar dan buas yang siap memangsa kita. Gajah juga bisa menyebabkan korban jatuh jika terinjak. Sementara monyet, bisa memporak porandakan apa saja di sekitar kita dalam waktu sekejab.

Apa kita menyalahkan mereka?

Tunggu dulu. Pertanyaan yang harus diajukan pertama kali adalah kenapa mereka bisa mencari makanan ke tempat kita. Kalau alasannya karena hutan tempat mereka tinggal mengalami kerusakan. Kenapa bisa rusak? Siapa yang merusaknya. Siapa yang membuat mereka sampai kehilangan tempat tinggal, sehingga mereka mencari tempat tinggal baru untuk bertahan hidup.

Jawabannya adalah kita.

Yup, Kita sebagai manusialah yang mempunyai andil besar dalam kerusakan hutan. Penebangan liar dan kebakaran hutan adalah beberapa contoh kasusnya. Semua kita lakukan untuk kepentingan kita sendiri. Dengan berkedok pembangunan dan perekonomian rakyat, kita pangkas hutan sampai gundul. Kita bakar pohon – pohon di hutan untuk dijadikan lahan pemukiman atau lahan untuk pembangunan proyek.

Kalau sudah begitu, siapa yang menjadi korban dari perbuatan kita. Salah satunya adalah hewan-hewan yang menjadi penghuni hutan. Kalau tempat mereka sudah musnah, bagaimana mereka bisa bertahan hidup.

Akar permasalahan di sini  adalah hutan. Kalau kita tidak mau ditakuti dengan kemunculan hewan liar, kita harus mengembalikan hutan seperti sedia kala. Di sinilah perlindungan hutan Indonesia diperlukan. Karena bagaimanapun juga hutan adalah rumah mereka. Kita yang sudah mengambil rumah mereka. Maka kita jugalah yang harus bisa membuat hutan bagi mereka. Siap?

Pentingnya Perlindungan Hutan Indonesia Bagi Kita

Hutan. Apa sih hutan itu?

Menurut Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati. Dimana di dalamnya berisi pepohonan yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan.

Sementara itu, UU No. 5 tahun 1967 mengatakan jika hutan adalah lapangan pertumbuhan pohon-pohon, yang secara menyeluruh merupakan persekutuan hidup alam hayati beserta alam lingkungannya.

Artinya ada saling ketergantungan antara makhluk hayati di dalamnya. Baik tumbuhan maupun hewan. Misalnya tumbuhan. Ada tumbuhan yang tidak menyukai sinar matahari. Dimana pertumbuhannya membutuhkan perlindungan dari tanaman yang lebih tinggi dan suka sinar matahari.

Keuntungannya apa? Simbiosis mutualisme.

Selengkapnya di https://wahyuindah.com/perlindungan-hutan-indonesia/

Blog Lainnya

cover img Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Diterbitkan pada tanggal 27 Maret 2021

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam

Baca Selengkapnya
cover img Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Diterbitkan pada tanggal 26 Maret 2021

Hutan adalah kehidupan. Melindungi hutan sama dengan menjaga sumber kehidupan. Kehidupan di bumi saling kait mengait. Berpilin-pilin bagai kelindan. M

Baca Selengkapnya
cover img Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Diterbitkan pada tanggal 25 Maret 2021

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karak

Baca Selengkapnya
cover img Pohon Sebagai Warga Negara

Pohon Sebagai Warga Negara

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2021

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyar

Baca Selengkapnya
cover img Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2021

Untunglah jembatan itu sudah selesai dibangun. Aku menyebutnya Jembatan Sampah, meski pemerintah setempat telah memberinya nama Jembatan Wali Kota.

Baca Selengkapnya