GAK MAU KELAPARAN? YA HUTANNYA DIJAGA DONG!

Diterbitkan pada 26 Oktober 2020
cover img GAK MAU KELAPARAN? YA HUTANNYA DIJAGA DONG!

Hai sobat, sumber makanan yang berasal dari hutan memang melimpah loh. Tapi sayangnya itu bisa habis kalau hutan tidak dikelola secara bijak. Kali ini

Hai sobat, sumber makanan yang berasal dari hutan memang melimpah loh. Tapi sayangnya itu bisa habis kalau hutan tidak dikelola secara bijak. Kali ini minhut mau kasih tau beberapa akibat yang bisa terjadi loh kalau hutannya gak dijaga dengan benar

 

Hewan hutan bakal turun ke pemukiman 

Ini dia hal yang paling sering terjadi akibat sumber pangan di hutan mulai habis, yaitu saat kawanan kera hutan turun ke pemukiman untuk mencari makanan. Kerusakan hutan serta penebangan hutan jadi salah satu alasan nih bagi para hewan untuk turun ke pemukiman. 

Selain kera, babi hutan juga terkadang turun untuk mencari makan dan biasanya merusak kebun-kebun warga. Pastinya ini sangat meresahkan warga, makanya kita juga harus jaga hutan biar hewan-hewan gak turun ke pemukiman. Berkurangnya sumber pangan hutan jika terjadi dalam jangka panjang akan mengancam kehidupan flora dan fauna di dalamnya, bahkan sampai kepada kepunahan.

 

Kesulitan bahan makanan bagi manusia

Jika hutannya dirusak dan hilang, pastinya manusia juga akan kena imbasnya sobat. Kita jadi kehilangan satu pasar alam yang menyediakan makanan-makanan untuk kehidupan kita sehari-hari. Dampaknya, kemiskinan dan kelaparan bisa saja terjadi. Selain itu, harga kebutuhan pokok pun naik karena kelangkaan bahan pangan. 

Berkurangnya pendapatan

Bagi warga sekitar hutan yang mengandalkan penghasilan dari hasil hutan, berkurangnya hasil hutan pastinya akan menurunkan pendapatkan serta penghasilan mereka. Jika hutannya terbakar maka warga yang tinggal di sekitar area tersebut jadi akan berkurang nih penghasilannya. Makanya kita harus jaga hutannya yah! 

 

Oksigen berkurang 

Ini dia nih, salah satu masalah utama yang terjadi saat hutannya dirusak. Pepohonan adalah sumber oksigen untuk semua mahluk hidup. Jika pepohonan berkurang atau bahkan hilang akibat kebakaran ataupun penebangan liar (Sayangnya banyak kerusakan hutan akibat disengaja), maka akan mengganggu kehidupan manusia karena jumlah oksigen tentu akan berkurang.

 

Kekurangan gizi

Coba deh sobat bayangin, saat hutannya gak dikelola dengan baik, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, sayur-sayuran, maupun hewan tertentu yang biasa kita konsumsi bisa aja punah loh. Hal ini bisa mengakibatkan pergesaran sumber nutrisi di alam, bisa-bisa anak cucu kita kekurangan gizi karena sumbernya udah ga ada. HUHUHU jangan sampai ya.

 

Nah itu dia kemungkinan yang dapat terjadi kalau kita gak memelihara hutan dengan benar. Ga mau kan kejadian? Makanya mulai sekarang yuk kita saling bahu membahu menjadi sobat rimba dan menjaga hutan tercinta di Indonesia.

Blog Lainnya

cover img Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Diterbitkan pada tanggal 11 Februari 2021

Peran Pemuda Untuk Penyelamatan Bumi Aku adalah pecinta hujan. Karena guyuran airnya mampu menyegarkan bumiku yang kering. Tumbuhan kembali menghij

Baca Selengkapnya
cover img Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Diterbitkan pada tanggal 09 Februari 2021

7 Upaya Menyelamatkan Bumi Bersama Golongan Hutan dan BPN Menyelamatkan bumi bukan hanya tugas pemimpin, namun kita semua. Sebagai makhluk hidup ya

Baca Selengkapnya
cover img Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Blogger Gathering Golhut X DDA Competition Winner

Diterbitkan pada tanggal 05 Februari 2021

Krisis Iklim: Pertarungan yang Hampir Kalah Namun Masih Bisa Menang! Kalau dipikir-pikir, amatlah beruntung umat manusia karena telah diciptakan un

Baca Selengkapnya
cover img GOLHUT x DDA BLOG COMPETITION WINNER

GOLHUT x DDA BLOG COMPETITION WINNER

Diterbitkan pada tanggal 26 Januari 2021

Naik gunung adalah salah satu kegiatan yang sangat saya sukai dalam lima tahun terakhir. Semua bermula di tahun awal tahun 2016, saat saya dan lima

Baca Selengkapnya
cover img Golongan Hutan X DDA Blog Competition Winner

Golongan Hutan X DDA Blog Competition Winner

Diterbitkan pada tanggal 25 Januari 2021

Tulisan ini dibuat dalam rangka mendorong siapa saja, khususnya generasi muda, agar memiliki cita-cita dalam hidup yang bersifat kolektif demi menunja

Baca Selengkapnya