GAK MAU KELAPARAN? YA HUTANNYA DIJAGA DONG!

Diterbitkan pada 26 Oktober 2020
cover img GAK MAU KELAPARAN? YA HUTANNYA DIJAGA DONG!

Hai sobat, sumber makanan yang berasal dari hutan memang melimpah loh. Tapi sayangnya itu bisa habis kalau hutan tidak dikelola secara bijak. Kali ini

Hai sobat, sumber makanan yang berasal dari hutan memang melimpah loh. Tapi sayangnya itu bisa habis kalau hutan tidak dikelola secara bijak. Kali ini minhut mau kasih tau beberapa akibat yang bisa terjadi loh kalau hutannya gak dijaga dengan benar

 

Hewan hutan bakal turun ke pemukiman 

Ini dia hal yang paling sering terjadi akibat sumber pangan di hutan mulai habis, yaitu saat kawanan kera hutan turun ke pemukiman untuk mencari makanan. Kerusakan hutan serta penebangan hutan jadi salah satu alasan nih bagi para hewan untuk turun ke pemukiman. 

Selain kera, babi hutan juga terkadang turun untuk mencari makan dan biasanya merusak kebun-kebun warga. Pastinya ini sangat meresahkan warga, makanya kita juga harus jaga hutan biar hewan-hewan gak turun ke pemukiman. Berkurangnya sumber pangan hutan jika terjadi dalam jangka panjang akan mengancam kehidupan flora dan fauna di dalamnya, bahkan sampai kepada kepunahan.

 

Kesulitan bahan makanan bagi manusia

Jika hutannya dirusak dan hilang, pastinya manusia juga akan kena imbasnya sobat. Kita jadi kehilangan satu pasar alam yang menyediakan makanan-makanan untuk kehidupan kita sehari-hari. Dampaknya, kemiskinan dan kelaparan bisa saja terjadi. Selain itu, harga kebutuhan pokok pun naik karena kelangkaan bahan pangan. 

Berkurangnya pendapatan

Bagi warga sekitar hutan yang mengandalkan penghasilan dari hasil hutan, berkurangnya hasil hutan pastinya akan menurunkan pendapatkan serta penghasilan mereka. Jika hutannya terbakar maka warga yang tinggal di sekitar area tersebut jadi akan berkurang nih penghasilannya. Makanya kita harus jaga hutannya yah! 

 

Oksigen berkurang 

Ini dia nih, salah satu masalah utama yang terjadi saat hutannya dirusak. Pepohonan adalah sumber oksigen untuk semua mahluk hidup. Jika pepohonan berkurang atau bahkan hilang akibat kebakaran ataupun penebangan liar (Sayangnya banyak kerusakan hutan akibat disengaja), maka akan mengganggu kehidupan manusia karena jumlah oksigen tentu akan berkurang.

 

Kekurangan gizi

Coba deh sobat bayangin, saat hutannya gak dikelola dengan baik, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, sayur-sayuran, maupun hewan tertentu yang biasa kita konsumsi bisa aja punah loh. Hal ini bisa mengakibatkan pergesaran sumber nutrisi di alam, bisa-bisa anak cucu kita kekurangan gizi karena sumbernya udah ga ada. HUHUHU jangan sampai ya.

 

Nah itu dia kemungkinan yang dapat terjadi kalau kita gak memelihara hutan dengan benar. Ga mau kan kejadian? Makanya mulai sekarang yuk kita saling bahu membahu menjadi sobat rimba dan menjaga hutan tercinta di Indonesia.

Blog Lainnya

cover img Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

Diterbitkan pada tanggal 27 Maret 2021

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam

Baca Selengkapnya
cover img Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Melindungi Hutan Menjaga Kehidupan

Diterbitkan pada tanggal 26 Maret 2021

Hutan adalah kehidupan. Melindungi hutan sama dengan menjaga sumber kehidupan. Kehidupan di bumi saling kait mengait. Berpilin-pilin bagai kelindan. M

Baca Selengkapnya
cover img Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Perlunya Edukasi Untuk Menjaga Hutan di Sekitar Kita

Diterbitkan pada tanggal 25 Maret 2021

Beberapa hari lalu ketika sowan Bulik suami, saya sempat diceritakan tentang teman beliau. Seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan, memiliki karak

Baca Selengkapnya
cover img Pohon Sebagai Warga Negara

Pohon Sebagai Warga Negara

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2021

Seandainya Saya menjadi seorang pemimpin, setiap jenis pohon akan dilantik sebagai warga negara yang sah. Pelantikan dengan iring-iringan musik masyar

Baca Selengkapnya
cover img Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Perubahan Iklim di Indonesia, Kitalah Penyebabnya

Diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2021

Untunglah jembatan itu sudah selesai dibangun. Aku menyebutnya Jembatan Sampah, meski pemerintah setempat telah memberinya nama Jembatan Wali Kota.

Baca Selengkapnya